Rabu, 10 November 2010

KOMITMEN BERGAYA FIRMAN TUHAN

Sebab Ezra telah bertekad untuk meneliti Taurat TUHAN dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel.( Ezra 7:10)
Dalam ayat ini, kita menemukan tiga tahap yang dilakukan Ezra dengan KOMITMEN, yaitu:
pertama, meneliti firman Tuhan (mendengar, belajar sendiri, menerima firman dengan hati yang lembut dan hati yang terbuka).
Kedua, menjadi pelaku firman
ketiga, mengajarkan firman Tuhan.
Sekali lagi, Ezra memiliki tekad atau komitmen untuk melakukannya. Bagaimana dengan kita? Mari kita selidiki firman melalui 4 M bersama seluruh keluarga setiap hari. Renungkan dan lakukan. Karena menerima firman tanpa melakukan tidak akan membawa dampak terobosan baru dan pelipatgandaan. Lalu, setelah menerima,merenungkan dan melakukan, kita harus membagikan kepada orang lain.
Jika kita KOMITMEN/BERTEKAD memiliki gaya hidup Firman Tuhan, apa yang kita akan memperoleh?

1. Mendapat pimpinan/tuntunan yang tepat.
Amsal 6:23 mengatakan: “Karena perintah itu pelita, dan ajaran itu cahaya, dan teguran yang mendidik itu jalan kehidupan”. 2 Petrus 1:19 mengatakan: “Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.”
2. Perlengkapan untuk perbuatan baik.
2 Timotius 3:16,17 mengatakan: “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”
Kalau tingkah laku kita masih belum seperti kehendak Tuhan, maka Firman Tuhan bermanfaat untuk: “mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Bahkan memperlengkapi untuk perbuatan baik. Taat dan lakukan firman Tuhan. Minta Roh Kudus yang mengurapi kita agar kita mampu mengikuti firman Tuhan.
Tuhan.
3. Membangun Iman.
Kisah Rasul 20:32 dengan jelas menyatakan: “ Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya.”
Dalam Roma 10:17 dikatakan: “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” Iman sangat diperlukan untuk membuat nyata janji-janji Tuhan. Ibrani 11:1 mengatakan: “ Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat..”
Jangan harapkan kita mengalami terobosan baru dan pelipatgandaan jika kita tidak memiliki iman. Hanya iman yang menjadi dasar pengharapan kita dan bukti dari janji Tuhan yang tidak kita lihat. Jangan harapkan iman kita timbul jika tidak mendengar dan melakukan firman Tuhan.
4. Penghiburan
Mazmur 119:82, “Habis mataku merindukan janji-Mu; aku berkata: "Bilakah Engkau akan menghiburkan aku?"
Juga dalam Roma 15:4, “Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci”.
Ketika orang lain mengalami kegersangan, kekeringan, tidak menghasilkan apa-apa dan tidak berbuah tentu akan membawa kesedihan yang luar biasa. Tapi orang yang merenungkan firman Tuhan akan terhibur karena tidak perlu mengalami pengalaman seperti di atas, karena Firman Tuhan mengatakan dalam Mazmur 1:1-3, “Berbahagialah orang.... yang kesukaannya ialah Taurat Tuhan dan merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.”
Karena itu lakukanlah saat ini juga dengan tekad/komitmen yang kuat! Terima, pelajari, renungkan dan lakukan Firman Tuhan bahkan membagikan kepada orang lain yang juga sangat membutuhkannya. Tuhan Yesus yang adalah Firman Allah (Yoh 1: 14, “ Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran”) akan memberitahukan isi hatiNya, rencanaNya dan jalanNya. Maka, kita akan mengalami terobosan baru dan pelipatgandaan dalam seluruh hidup kita. Selamat menikmati janji-janji Tuhan. Gembala

Tidak ada komentar: